Review Album: TRUE COLORS

Zedd - True Colors
Zedd – True Colors

Genre: Dance-pop, House | Total Tracks: 11 | Label: Interscope Records

Setelah memenangkan penghargaan Grammy sebagai “Best Dance Recording 2013” berkat lagu hits fenomenal miliknya, Clarity, Zedd kembali merilis album studio yang diberi nama True Colors pada tanggal 18 Mei 2015, dengan total 11 lagu.

Tidak seperti album sebelumnya, Clarity, Zedd sepertinya sangat antusias terhadap album True Colors ini. Terlihat dari giatnya Zedd dalam mempromosikan album dengan sistem yang cukup menarik; perilisan perdana 10 lagu dilakukan di 10 tempat berbeda, dengan persyaratan yang ada di situs resmi Zedd. Setiap lagu di True Colors memiliki warna temanya masing-masing.

Uniknya metode promosi yang dilakukan Zedd terbukti mampu menggaet para penggemarnya untuk ikut terlibat ‘mencicipi’ karya produser berdarah Jerman-Rusia ini. Tidak lupa rasa antusias tersebut juga dirasakan lewat ‘kicauan’ di Twitter Zedd serta bagaimana ia sangat responsif dalam memberikan feedback kepada para penggemarnya.

Zedd mengeluarkan single pertama, I Want You To Know, pada tanggal 23 Februari 2015, berkolaborasi dengan Selena Gomez. Kemudian, pada 10 Maret 2015 dirilislah video musik lagu tersebut. “I Want You To Know” memiliki tune yang easy-listening, tetapi masih belum menarik perhatian penulis untuk menjadikan lagu favorit dalam album True Colorskarena iramanya cenderung monoton. Setidaknya, komposisi suara Selena Gomez di lagu tersebut sangat pas.

Zedd lalu merilis lirik video untuk lagu Addicted To A Memory pada 14 April 2015. Lagu ini merupakan single kedua yang divokali oleh grup Bahari. Pada awal lagu, keberadaan vokal Bahari menciptakan rasa damai di telinga pendengar, sampai akhirnya masuk dalam alunan klimaks diiringi musik semi-dubstep (?) yang seketika membuat pendengarnya berdansa. Unsur musik di lagu ini memiliki kemiripan dengan salah satu karya Zedd terdahulu, yaitu remix lagu The Legend of Zelda.

Zedd sendiri mengatakan tentang album “True Colors” bahwa dirinya memang sengaja memilih penyanyi-penyanyi indie untuk mengisi vokal pada aransemen True Colors. Pada proses pencarian vokal, Zedd mengaku bahwa ia menggunakan Soundcloud untuk mencari karakteristik suara penyanyi-penyanyi indie yang pas dalam albumnya.

Cara ini pun terbilang sukses, sebut saja lagu Beautiful Now dengan Jon Bellion. Jon Bellion adalah seorang rapper, tetapi Zedd berhasil mengubah citra suara rapper Jon saat ia menyanyikan lagu EDM (Electronic Dance Music). Disinilah Zedd mengeluarkan ‘sihir’ miliknya. “Beautiful Now” seperti memancarkan kekuatan tersendiri saat pertama kali didengar. Jiwa EDM penulis akhirnya jatuh pada lagu ini dan menjadikan “Beautiful Now” sebagai salah satu lagu favorit dalam album.

Sesuai dengan judulnya, True Colors, di tiap-tiap lagunya memiliki warna tersendiri – seperti apa yang Zedd lakukan saat melakukan promosi. Sehingga perbedaan karakter dari satu lagu ke lagu lainnya cukup terasa. Bumble Bee memberikan karakter kuat karena kolaborasinya dengan Botnek menghasilkan melodi yang menggebu, hingga Daisy yang diiringi dengan alunan musik nan lembut.

Sayangnya, secara keseluruhan album True Colorsterdengar lemah bila dibandingkan dengan album Clarity. Karakter Zedd sebagai seorang produser musik EDM tidak tergali dengan baik. Akibatnya, album True Colors terkesan seperti kompilasi lagu-lagu hit bergenre pop-dance yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi indie. True Colors memang punya beragam karakter di tiap lagunya, namun ‘jiwa’ EDM pada album secara keseluruhan terasa cukup loyo. Entah mungkin dikarenakan Zedd sedang mengikuti arus musik pop-dance masa kini, atau memang ia ingin mengeksplor musiknya dengan menyajikan konsep yang berbeda-beda.

Dalam True Colors, Zedd juga mengajak Echosmith, band yang tengah naik daun, untuk berkolaborasi pada lagu Illusion, tetapi lagu ini seakan memberikan harapan palsu karena komponen nadanya terdengar anti-klimaks serta alunan melodi yang nanggung. Untungnya, Papercut hadir sekaligus menyajikan suara Troye Sivan sebagai penyelamat. Baik komposisi vokal maupun melodi dalam lagu “Papercut” sangat pas. Durasi lagu sepanjang 7 menit tidak mempengaruhi kualitas lagu tersebut. “Papercut” berhasil menjadi lagu favorit utama penulis pada album.

Ada kemungkinan Zedd akan mengeluarkan lagi single baru dari True Colorspasca album dirilis. Setelah mengamati beberapa respon dari pendengar, penulis memprediksi bahwa nampaknya banyak yang menyukai Papercut dan Daisy. Alas, durasi “Papercut” yang terbilang lama sehingga sulit menjadikan lagu ini sebagai single berikutnya – kecuali Zedd melakukan editing terlebih dahulu. Sedangkan “Daisy”, yang jauh dari daftar lagu favorit penulis karena sangat kental akan unsur melodi lagu pop pada umumnya, mendapat respon positif dari para pendengar. Hal ini mungkin dikarenakan karakter lagunya cenderung mudah diterima oleh pendengar non-EDM.

Advertisements

SHARE YOUR THOUGHTS!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s