BAD GUYS (나쁜 녀석들): A Review

나쁜 녀석들 / Bad Guys (2014)
나쁜 녀석들 / Bad Guys (2014)

Genre: Action, Crime, Police procedural | Director, Writer: Kim Jung-min, Han Jung-hoon | Number of Episode(s): 11

“Bad Guys” adalah serial drama Korea yang ditayangkan di OCN (Orion Cinema Network), salah satu saluran televisi kabel di Korea, pada tanggal 4 Oktober hingga 13 Desember 2014 yang terdiri dari 11 episode. Diperankan oleh Kim Sang-joong, Ma Dong-seok, Park Hae-jin, Jo Dong-hyuk, dan Kang Ye-won. Serial ini bertemakan aksi, kriminal dan mengandung kekerasan di dalamnya, sehingga memiliki rating penonton untuk 19 tahun ke atas.

Dikisahkan seorang opsir bernama Nam Geon-uk, ia memimpin salah satu kasus pembunuhan berantai yang telah terjadi sejak 6 bulan lalu, berlokasi di Dobok-dong. Singkat cerita, Nam Geon-uk telah mengerti tentang metode pembunuhan yang dilakukan oleh pembunuh dan ia berhasil memergoki pembunuh berantai yang akan beraksi lagi pada saat melakukan proses penangkapan. Sayangnya, kala ia melakukan pengejaran, opsir Nam Geon-uk diserang dengan tusukan pisau oleh si pembunuh dan meninggal. Kepolisian Korea berkabung dalam duka, apalagi mengetahui bahwa sosok opsir Nam Geon-uk dikenal sebagai seseorang yang mengabdi sepenuhnya kepada masyarakat dan pekerjaannya.

Bad Guys-1

Mengetahui kejadian tragis ini, Kolonel Nam Gu-hyeon (Kang Shin-il), yang juga seorang ayah dari Nam Geon-uk, memutuskan untuk memanggil detektif Oh Gu-tak (Kim Sang-joong) agar menangkap pembunuh berantai yang telah membunuh 22 orang dan juga anaknya tersebut. Bersama dengan inspektur Yu Mi-yeong (Kang Ye-won), Oh Gu-tak memberikan tiga nama yang akan dimasukkan ke dalam tim agar ikut membantu menangkap pembunuh berantai tersebut. Ketiga nama itu adalah Park Ung-cheol (Ma Dong-seok), seorang gangster terkenal, kejam dan memegang kuasa atas banyak wilayah di Korea. Ia dituntut hukuman penjara selama 28 tahun. Kedua, Jeong Tae-soo (Jo Dong-hyuk), adalah seorang pembunuh bayaran kelas kakap. Suatu hari, ia menyerahkan diri kepada kepolisian bahwa ia telah melakukan pembunuhan. Atas pengakuannya tersebut, ia mendapat 22 tahun hukuman penjara. Baik metode pembunuhan, alasan ia membunuh para korban, maupun masa lalu akan dirinya tidak ada yang tahu kepastiannya. Terakhir, Lee Jeong-moon (Park Hae-jin), seorang psikopat jenius yang telah melakukan pembunuhan sebanyak 15 orang di wilayah Hwayeondong, dijuluki sebagai pembunuh berantai paling muda. Saat berumur 12 tahun ia memiliki skor IQ 165, selain itu juga dikenal sebagai penyandang gelar PhD Matematika termuda di Korea.

badguys01-00676

Oh Gu-tak yakin, dengan “keahlian” yang dimiliki ketiga kriminal tersebut, ia bisa menangkap penjahat-penjahat yang tidak bisa ditangkap sebelumnya. Diawal pertemuan dengan ketiga kriminal, Oh Gu-tak mengumumkan bahwa ia akan memberikan pemotongan sangsi bagi siapa yang bisa menangkap penjahat dari kasus yang ditangani oleh timnya. Kasus demi kasus terselesaikan dengan baik oleh Oh Gu-tak beserta timnya, kemudian sesuatu aneh terjadi di lingkaran kehidupan ketiga kriminal tersebut, mereka tidak sadar bahwa rekrutmen para kriminal yang dilakukan Oh Gu-tak ternyata didasari oleh tujuan pribadi sang detektif, yaitu untuk mencari siapa yang bertanggung jawab atas kematian putri tunggal Oh Gu-tak yang terjadi pada dua tahun lalu.

Meskipun jumlah episodenya terbilang cukup sedikit bila dibandingkan dengan serial drama Korea lain, dengan durasi sekitar satu jam “Bad Guys” mampu untuk menciptakan dan menyelesaikan kasus-kasus baru di tiap episodenya. Tidak lupa “Bad Guys” menyisipkan konflik berkepanjangan yang menimbulkan rasa penasaran untuk menonton episode berikutnya. Karakter dari masing-masing pemeran utama cukup kuat tersiratkan di depan layar. Detektif Oh Gu-tak yang berkarakter ambisius, sang karismatik Jeong Tae-soo, Park Ung-cheol si gangster yang kadang menampilkan sisi humoris, dan psikopat Lee Jeong-moon yang selalu hadir dengan tatapan kosongnya.

Bad Guys-4

Walaupun bertemakan aksi dan penuh kekerasan, serial ini tidak lupa memberikan sisi emosional bahwa para kriminal sekalipun berhak untuk diperlakukan secara manusiawi dan mereka memiliki alasannya tersendiri dari masa lalunya sebagai faktor mengapa pada akhirnya mereka menjadi diri mereka yang sekarang ini. Bergabungnya ketiga kriminal tersebut untuk menangkap para penjahat rupanya telah menumbuhkan sisi emosional dalam diri masing-masing, mereka merasa lebih baik bila telah menyelamatkan korban atau menangkap penjahat dengan tangan mereka sendiri. Lama kelamaan, tidak ada lagi yang mengungkit perihal pemotongan sangsi penjara. Malahan, mereka saling menolong satu sama lain apabila ada anggota tim yang lengah saat terjadi aksi baku hantam.

Bad Guys-3

Sebagai penikmat cerita aksi, penulis cukup menikmati alur cerita dan selalu mengamati dengan seksama perkembangan kasus dan fakta-fakta tentang kehidupan ketiga kriminal tersebut. “Bad Guys” memberikan plot twist yang pintar dan tersusun rapi, konfliknya pun semakin berkembang dari yang bersifat pribadi lalu menjadi berkaitan antara ketiga kriminal tersebut ditambah dengan Oh Gu-tak. Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan oleh penulis secara perlahan mulai terjawab seiring berjalannya cerita di tiap episode.

Meskipun begitu, masih ada sedikit kekurangan yang dibuat oleh serial ini. Kurang maksimalnya karakter Lee Jeong-moon sebagai seorang yang jenius, penulis lebih memilih untuk mengangkat karakter psikopatnya. Setidaknya, perlu satu atau dua kasus yang dalam proses pemecahannya sebagian besar melibatkan kepintaran Lee Jeong-moon. Mengingat bahwa hanya dirinya yang secara fisik tidak mendukung untuk melakukan baku hantam dengan massa. Selain itu, kurangnya beberapa detail proses dalam alur cerita, hal ini mungkin dilakukan untuk menyiasati durasi serial yang hanya berlangsung selama satu jam.

Bad Guys-6

Melihat banyak respon penonton yang positif, rasanya OCN perlu untuk membuat “Bad Guys Season 2”. Let’s hope they will make that as soon as possible! Well, at least you have to wait.. about one year??? Are you strong enough to wait for that long?


Disclaimer: All pictures used in this review were taken from DramaBeans.

Advertisements

One thought on “BAD GUYS (나쁜 녀석들): A Review

SHARE YOUR THOUGHTS!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s