THE HELP: A Review

The Help (2011)

The Help (2011)

Genre: Drama | Director: Tate Taylor | Duration: 146 minutes

Perbedaan warna kulit nampaknya memberikan status sosial dan posisi pekerjaan yang sangat berbeda, terlebih di daerah Mississippi. Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Minny Jackson (Octavia Spencer), seorang pembantu kulit hitam yang sudah lama bekerja di rumah Hilly Holbrook (Bryce Dallas Howard). Minny, dengan ratusan pembantu kulit hitam lainnya bekerja selama setengah hari di rumah majikan kulit putih. Hampir semua kaum kulit putih memperlakukan pembantu kulit hitam secara tidak manusiawi, mereka dilarang untuk memakai toilet dan makan di meja makan yang sama dengan kaum kulit putih karena dianggap akan membawa penyakit. Awalnya, hal ini tidak meresahkan Minny dan pembantu kulit hitam lainnya. Sampai suatu ketika saat hujan badai dan Minny ingin ke toilet, tidak memungkinkan bagi Minny untuk pergi ke kamar mandinya yang berada di luar, akhirnya Minny memakai kamar mandi tamu secara diam-diam. Mengetahui perbuatannya, Hilly akhirnya memecat Minny karena dianggap keterlaluan.

th-2

Aibileen Clark (Viola Davis), bekerja untuk Charlotte Phelan (Allison Janney) yang memiliki seorang anak bernama Eugenia “Skeeter” Phelan (Emma Stone). Aibileen dan Skeeter memiliki hubungan tidak hanya sebatas majikan-pembantu, tapi mereka juga berteman baik. Skeeter memiliki minat menjadi seorang jurnalis, setelah lulus dari universitas ia bekerja untuk penerbit lokal.

Kesadaran Skeeter mengenai ketidakadilan perlakuan kaum kulit putih kepada kaum kulit hitam mendorongnya untuk menerbitkan sebuah buku yang akan menceritakan kisah kaum kulit hitam bekerja pada kaum kulit putih, dimana pembantu-pembantu kulit hitam ini selain menghadapi ketidakadilan dari majikan-majikannya juga harus menghadapi realita kehidupan keluarga mereka yang tidak berkecukupan. Berbagai permasalahan terjadi demi diterbitkannya buku ini. Namun, Skeeter percaya bahwa selalu ada jalan untuk usaha dalam menyampaikan kebaikan, terutama bagi warga Mississippi dengan permasalahan ras-nya.

th-4

Film “The Help” dirilis pada 10 Agustus 2011, diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Perlu diketahui bahwa film ini menggunakan settingan era 1960-an. Lokasi syuting terletak di Greenwood, Mississippi memberikan kesan old-fashioned. “The Help” merupakan salah satu film dengan tema ras yang menghibur dan di saat yang bersamaan akan membuat penontonnya berlinang air mata. Karakter Minny sebagai pembantu yang sedikit keras namun bawel dan ‘berani’ menjadikan film The Help tidak membosankan. Aibileen, yang juga menjadi narator untuk film ini telah berhasil memberikan emosi kuat di setiap adegannya.

th-3

Tidak hanya Minny dan Aibileen, tetapi hampir semua pemeran dalam film ini, baik protagonis maupun antagonis, memberikan karakter dan emosi yang kuat sehingga penonton mudah untuk memahami gambaran emosinya. Sayangnya, karena jumlah pemeran pembantu kulit hitam yang terbilang cukup banyak dan alur yang cenderung maju-mundur menjadikan film ini pada awalnya sedikit sukar untuk dimengerti. “The Help” dapat menjadi salah satu tontonan yang menginspirasi penontonnya untuk lebih peduli dan berperilaku adil kepada sesama manusia tanpa harus mempertimbangkan ras.

Disclaimer: All pictures used in this review were taken from IMDb.


What do you think about “The Help”? Share your thoughts below!

Advertisements

SHARE YOUR THOUGHTS!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s